MURAH HATI

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap akal budimu.
Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.
Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan DIA.


Jumat, 16 April 2010

JENIS KASIH

Baca : Yohanes 15 : 9 - 17

" Inilah perintah-KU, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti AKU telah mengasihi kamu."
Yohanes 15 : 12

Kekristenan dan kasih adalah identik, tidak dapat dipisahkan, merupakan satu kesatuan, karena "Allah adalah kasih, dan barangsiapa berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia." Jadi, bila ada orang Kristen yang tidak memiliki kasih terhadap saudaranya yang lain berarti ada sesuatu yang salah dalam kehidupannya. Alkitab mengatakan : "Barang siapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih."(1 Yohanes 4:8). Tuhan menghendaki agar kita juga memiliki kasih, bukan hanya basa-basi, tetapi harus benar-benar diwujudkan melalui perbuatan kita.
Hari ini kita membahas tentang kasih. Ada 3 jenis kasih yaitu :
1. Kasih agape. Ini adalah kasih Allah yaitu kasih yang tidak bersyarat, mengasihi dalam segala keadaan tanpa mempedulikan balasan. Kasih agape adalah kasih yang memberi dan rela berkorban bagi orang lain. " Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA telah mengaruniakan Anak-NYA yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-NYA tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." ( Yohanes 3 : 16 ). Karena kasihNYA kepada dunia, Allah rela mengorbankan PuteraNYA. Yesus Kristus rela mati demi menebus dosa kita, bahkan IA mengampuni orang-orang yang menyalibkan DIA.
2. Kasih fileo. Suatu jenis kasih manusiawi dan bersahabat. Seseorang akan rela berkorban dan memberikan segala yang dipunyainya demi seseorang yang mereka kasihi. Namun kasih ini lambat laun akan menjadi dingin bila orang yang dikasihinya itu mengecewakan atau mengkhianatinya. Rasa kasih itu akan hilang dan sangat mudah berubah menjadi kebencian. Kasih macam ini juga disebut dengan kasih yang bersyarat.
3. Kasih eros. yaitu kasih yang berdasarkan kelima indera jasmani kita, kasih karena nafsu belaka. Jika seseorang membuat kita nyaman oleh karena dia cantik atau tampan, maka ada kasih bagi mereka. Kasih ini berpusat pada diri sendiri dan berusaha untuk memuaskan diri sendiri pula. Ketika kasih tidak lagi memberi kepuasan, maka kasih jenis ini akan segera sirna/berakhir. Kasih semacam ini didasarkan pada hal-hal yang menguntungkan. Kasih ini timbul karena adanya ketertarikan secara fisik.
Tiada kasih yang melebihi kasih Kristus, Dia mengasihi kita tanpa syarat.

0 komentar:

Posting Komentar